Rabu, 18 Juni 2008

EDITORIAL BIOETANOL


EDITORIAL BIOETANOL DARI AGRO MAKMUR

Kedatangan Datuk DR. Elias Hussein seorang ahli manajemen dan Agronomi dari Malaysia yang mengkhususkan diri dan meluangkan waktunya untuk belajar di Agro Makmur sebagai siswa magang / kursus pelajaran tentang proses produksi bioetanol sebagai pengganti / subtitusi minyak tanah dan kebutuhan lainnya yang sangat diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia sebagai urat nadi kehidupan.
Beliau bercerita , jika memiliki 108 Ha lahan perkebunan di Malaysia untuk uji klinis khusus tanaman-tanaman bioenergi, tetapi belum mendapatkan ilmu pengolahan hasil pertanian seperti : singkong, tebu, jagung, nipah, aren, kelapa sawit, dan sorgum, yang dapat diolah menjadi bioetanol kadar rendah, 40 % , yang dapat digunakan sebagai pengganti minyak tanah untuk kompor minyak skala rumah tangga.
Bahkan beliau semakin takjub, saat belajar di Agro Makmur yang berkedudukan di lereng lawu Jl.Joko Songo No 33 Doplang, Karang Pandan, Karanganyar sebagai pemrakarsa dan pioneer di dalam memberikan kursus dan bersosialisasi ke masyarakat baik di strata lini yaitu kelurahan dan kecamatan maupun di tingkat nasional melalui pewartaan majalah Trubus untuk menggencarkan penggunaan Bioetanol 40 % sebagai bahan bakar kompor minyak di masyarakat luas.
Kabar baik ini tidak di sia-siakan oleh Datuk DR. Elias Hussein untuk segera menangkap kesempatan yang bagus ini guna di pelajari untuk dikembangkan dan diwartakan ke Negara asalnya yaitu Malaysia.
Hingga sekarang Agro Makmur makin konsisten untuk mewartakan solusi bahan bakar nabati ( BBN ) sebagai pengganti bahan bakar minyak ( BBM ) seperti yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kepres No.5 dan Inpres No.1 UUD 2006 yaitu tentang pengolahan tanaman bio energi untuk dimanfaatkan menjadi bahan bakar nabati.

Tidak ada komentar: