Rabu, 18 Juni 2008

PEMBUATAN RAGI TAPAI ( STARTER TAPAI )

PEMBUATAN RAGI TAPAI ( STARTER TAPAI )


1. PENDAHULUAN

Serealia dan umbi-umbian banyak tumbuh di Indonesia. Produksi serealia terutama beras sebagai bahan pangan pokok dan umbi-umbian cukup tinggi. Begitu pula dengan bertambahnya penduduk, kebutuhan akan serealia dan umbi-umbian sebagai sumber energipun terus meningkat. Tanaman dengan kadar kabohidrat tinngi seperti halnya serealia dan umbi-umbian pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi. Serealia dan umbi-umbian sering dihidangkan dalam bentuk segar, rebusan atau kukusan, hal ini tergantung dari selera.

Usaha penganekaragaman pangan sangat penting artinya sebagi usaha untuk mengatasi masalah ketergantungan pada satu bahan pangan pokok saja. Misalnya dengan mengolah serealia dan umbi-umbian menjadi berbagai bentuk awetan yang mempunyai rasa khas dan tahan lama disimpan. Bentuk olahan tersebut berupa tepung, gaplek, tapai, keripik dan lainnya. Hal ini sesuai dengan program pemerintah khususnya dalam mengatasi masalah kebutuhan bahan pangan, terutama non beras.

2. BAHAN

1) Ketan Putih 1,5 kg
2) Bawang putih 50 gram
3) Merica 50 gram
4) Lengkuas ( laos ) 7,5 gram
5) Cabai untuk jamu 50 gram
6) Air perasan tebu secukukupnya

3. ALAT

1) Alat penumbuk ( alu )
2) Tampah (nyiru)
3) Ayakan halus
4) Merang (Jerami)
5) Baskom atau panci
6) Daun pisang atau lembaran plastik

4. CARA PEMBUATAN

1) Haluskan merica dan cabai kemudian ayak
2) Tambahkan bawang putih dan lengkuas lalu haluskan lagi sampai rata
3) Rendam ketan putih semalam tiriskan kemudian keringkan. Tumbuk sampai halus dan ayak
4) Campurkan bumbu dan tepung sampai rata
5) Tambahkan air perasaan tebu sampai menjadi adonan yang mudah dibentuk, tetapi tidak terlalu basah.
6) Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan pipih ( diameter + 4 cm )
7) Letakkan pada tampah bambu yang telah dialasi merang padi kemudian taburi bagian atasnya dengan ragi
8) Tutup dengan daun pisang atau lembaran plastik
9) Simpan selama + 2 malam agar tumbuh jamur
10) Jemur hingga kering di bawah sinar matahari selama + 2-5 hari atau diatas tungku bila musim hujan
11) Simpan ditempat yang kering

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya di sini untuk berkongsi kesaksian saya tentang apa yang dilakukan syarikat pinjaman yang dipercayai untuk saya. Nama saya Nikita Tanya, dari Rusia dan saya ibu yang cantik dari 3 kanak-kanak saya kehilangan dana saya untuk mendapatkan pinjaman yang sangat sukar untuk saya dan anak-anak saya, saya pergi ke talian untuk mencari bantuan pinjaman semua harapan adalah hilang sehingga satu hari yang setia ketika saya bertemu kawan saya yang baru-baru ini memperoleh pinjaman dari Perkhidmatan Pendanaan Le_Meridian Dia memperkenalkan saya kepada syarikat pinjaman yang jujur ini yang membantu saya mendapat pinjaman dalam masa 5 hari kerja, saya akan berterima kasih untuk selama-lamanya kepada Bapak Benjamin, kerana membantu saya kembali berjalan kaki. Anda boleh menghubungi Encik Benjamin melalui e-mel: lfdsloans@lemeridianfds.com, mereka tidak tahu saya melakukan ini untuk mereka, tetapi saya hanya perlu melakukannya kerana ramai orang di luar sana yang memerlukan bantuan pinjaman sila datang ke syarikat ini dan selamatkan. Watsats: (+ 1 989-394-3740)

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut